Perencanaan dalam berbisnis Kedai Kopi


Ketika ingin memulai sebuah bisnis tentu seseorang perlu perencanaan. Dengan adanya perencanaan, bisnis yang dijalankan tentu akan berjalan baik. Tujuan berbisnis pun akan lebih terarah. Saat membuat perencanaan, kita menjadi tahu masalah apa yang akan dihadapi dan bisa mempertimbangkan dampak dari setiap masalah tersebut serta mencari jalan keluar untuk menyelesaikan setiap masalah yang ada, hal ini pun membantu kita dalam meminimalisir kegagalan dalam berbisnis. Di kesempatan kali ini saya akan membuat sebuah perencanaan dalam berbisnis kedai kopi.

 

Functional Area of Operation

 

 

 

 

 

 

 Bussines Functions

Marketing and Sales

Supply Chain Management

Accounting and Finance

Human Resource

Analisa pasar.

Pembelian bahan baku produksi (Kopi, Gula, Air, dll)Serta alat produksi.

Melakukan pembayaran kepada pemasok bahan baku.

Melakukan perekrutan karyawan (Kasir, Barista, Pelayan, dll).

Menetapkan dan menentukan harga produk.

 

Melengkapi fasilitas yang disediakan.

Melakukan perhitungan transaksi pembelian bahan baku,alat produksi, serta fasilitas tambahan.

Melakukan training kepada karyawan.

Melakukan promosi dan membuat program diskon.

Melakukan produksi

Membuat pembukuan transaksi konsumen

Mengatur gaji untuk karyawan.

Melakukan perekapan data hasil penjualan yang telah dilakukan.

Menambah pasokan bahan baku.

Membuat laporan mengenai aktivitas keuangan.

Evaluasi kerja karyawan.


Sistem Informasi

Menyediakan pelayanan yang baik.

Merencanakan penambahan bahan baku produksi.

Membuat laporan mengenai aktivitas keuangan.

Menjalin kerja sama dengan pebisnis lain.



Komentar