Penerapan Balance Score Card dan IT Balance Scorecard di suatu Perusahaan (STUDI KASUS DI AGEN JNE SUKARESMI CIKARANG SELATAN)
PENERAPAN BALANCE SCORECARD PADA PERUSAHAAN JASA PENGIRIMAN
STUDI KASUS DI AGEN JNE SUKARESMI CIKARANG SELATAN
Latar Belakang
Perkembangan
bisnis jasa pengiriman sangat pesat, menciptakan persaingan yang ketat,
sehingga untuk dapat bertahan dan memenangkan pelanggan perusahaan dituntut
untuk mengoptimalkan kualitas layanan dan memuaskan pelanggannya. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui kinerja perusahaan dengan variabel balance
scorecard yang terdiri dari perspektif pembelajaran dan perkembangan,
perspektif bidnid internal, perspektif keuangan dan perspektif pelanggan. Objek
yang digunakan oleh penelitian ini pada agen JNE sukaresmi cikarang selatan. Poulasi
untuk penelitian ini yaitu masyarakat umum atau masyarakat yang telah
menggunakan jasa pengiriman agen JNE sukaresmi cikarang selatan.
Agen JNE
Cikarang Selatan sebagai objek penelitian,karena hal ini menunjukan bahwa JNE
mampu untuk bersaing dengan perusahaan di bidang jasa pengiriman barang dan
logistik di Indonesia dan JNE dituntut harus mampu menyediakan pelayanan sesuai
dengan kebutuhan pelanggan, khususnya bagi pemilik online shop yang sering
menggunakan jasa ekspedisi.
Hipotesis
Penelitian
- Terdapat pengaruh nyata antara perspektif pembelajaran dan pertumbuhan terhadap kinerja agen JNE
- Terdapat pengaruh nyata antara perspektif proses bisnis internal terhadap kinerja agen JNE
- Terdapat pengaruh nyata antara perspektif proses keuangan terhadap kinerja agen JNE
- Terdapat pengaruh nyata antara perspektif proses kepuasan pelanggan terhadap kinerja agen JNE
- Terdapat pengaruh nyata secara simultan antara perspektif pembelajaran dan pertumbuhan, perspektif proses bisnis internal, perspektif akuntabilitas keuangan, perspektif pelanggan dan kepuasan pelanggan terhadap kinerja JNE age
Metode
Penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan balance scorecard pada perusahaan Jasa Pengiriman agen JNE Cikarang Selatan dengan menggunakan masing-masing variabel Pembelajaran dan Pertumbuhan (X1), Bisnis Internal (X2), Keuangan (X3), Pelanggan (X4). Metode pada penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reabilitas, uji asumsi klasik, analisis linear berganda dan uji hipotesa. Populasi pada penelitian ini adalah masyarakat atau Pelanggan yang sudah berlangganan dengan agen JNE sekitar 133 orang, teknik pengambilan sample probability sampling (simple random sampling) dengan menghitung menggunakan rumus slovin
PEMBAHASAN
- Pengaruh Perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan terhadap kinerja perusahaan jasa pengiriman (Y) agen JNE Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan dari hasil pengujian pada uji thitung sebesar 2,533 > ttabel 1,985 dan nilai sig 0,013 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh parsial pembelajaran dan pertumbuhan terhadap kinerja perusahaan.
- Pengaruh Perspektif Bisnis Internal terhadap kinerja perusahaan jasa pengiriman (Y) agen JNE Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan dari hasil pengujian pada uji thitung sebesar 2,571 > ttabel 1,985 dan nilai sig 0,012 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh parsial Bisnis internal terhadap kinerja perusahaan.
- Pengaruh Perspektif Keuangan terhadap kinerja perusahaan jasa pengiriman (Y) agen JNE Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan dari hasil pengujian pada uji thitung sebesar 3,603 > ttabel 1,985 dan nilai sig 0,001 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh parsial Keuangan terhadap kinerja perusahaan.
- Pengaruh Perspektif Pelanggan terhadap kinerja perusahaan jasa pengiriman (Y) agen JNE Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan dari hasil pengujian pada uji thitung sebesar 4,832 > ttabel 1,985 dan nilai sig 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh parsial Pelanggan terhadap kinerja perusahaan
Kesimpulan
- Pembelajaran dan Pertumbuhan berpengaruh signifikan pada kinerja perusahaan jasa pengiriman di JNE agen Sukaresmi Cikarang Selatan makin baik pembelajaran dan pertumbuhan makin tinggi juga kinerja perusahaan jasa pengiriman pada agen JNE sukaresmi cikarang selatan
- Bisnis Internal berpengaruh signifikan pada kinerja perusahaan jasa pengiriman di agen JNE sukaresmi cikarangg selatan makin baik bisnis internal makin tinggi pula kinerja perusahaan jasa pengiriman pada agen JNE sukaresmi cikarang selatan.
- Keuangan berpengaruh signifikan pada kinerja perusahaan jasa pengiriman di agen JNE sukaresmi cikarangg selatan makin baik keuangan makin tinggi pula kinerja perusahaan jasa pengiriman pada agen JNE sukaresmi cikarang selatan.
- Pelanggan berpengaruh signifikan pada kinerja perusahaan jasa pengiriman di agen JNE sukaresmi cikarangg selatan makin banyak pelanggan makin tinggi pula kinerja perusahaan jasa pengiriman pada agen JNE sukaresmi cikarang selatan
- Penelitian menghasilkan model persamaan regresi linear ganda Y = 2,269 + 0,152 X1 + 0,184 X2 + 0,248 X3 + 0,380 X4 yang layak untuk menjelaskan penerapan balance scorecard dengan emapt perspektif pembelajaran dan pertumbuhan, bisnis internal, keuangan dan pelanggan pada kinerja perusahaan jasa pengiriman (Adjust R Squere = 0,663) dimana pembelajaran dan pertumbuhan, bisnis internal, keuangan dan pelanggan dalam variabel tersebut mampu menjelaskan pengaruh sebesar 66,3% terhadap kinerja perusahaan jasa pengiriman sedangkan sisanya 33,7% dijelaskan oleh faktor lainnya yang tidka ditelitioleh penelitian ini.
.png)
.png)
.png)
.png)
Komentar
Posting Komentar