Penerapan Balance Score Card dan IT Balance Scorecard di suatu Perusahaan (STUDI KASUS DI AGEN JNE SUKARESMI CIKARANG SELATAN)

PENERAPAN BALANCE SCORECARD PADA PERUSAHAAN JASA PENGIRIMAN 

STUDI KASUS DI AGEN JNE SUKARESMI CIKARANG SELATAN


Latar Belakang

        Perkembangan bisnis jasa pengiriman sangat pesat, menciptakan persaingan yang ketat, sehingga untuk dapat bertahan dan memenangkan pelanggan perusahaan dituntut untuk mengoptimalkan kualitas layanan dan memuaskan pelanggannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja perusahaan dengan variabel balance scorecard yang terdiri dari perspektif pembelajaran dan perkembangan, perspektif bidnid internal, perspektif keuangan dan perspektif pelanggan. Objek yang digunakan oleh penelitian ini pada agen JNE sukaresmi cikarang selatan. Poulasi untuk penelitian ini yaitu masyarakat umum atau masyarakat yang telah menggunakan jasa pengiriman agen JNE sukaresmi cikarang selatan.

        Agen JNE Cikarang Selatan sebagai objek penelitian,karena hal ini menunjukan bahwa JNE mampu untuk bersaing dengan perusahaan di bidang jasa pengiriman barang dan logistik di Indonesia dan JNE dituntut harus mampu menyediakan pelayanan sesuai dengan kebutuhan pelanggan, khususnya bagi pemilik online shop yang sering menggunakan jasa ekspedisi. 

Hipotesis Penelitian

  1. Terdapat pengaruh nyata antara perspektif pembelajaran dan pertumbuhan terhadap kinerja agen JNE
  2. Terdapat pengaruh nyata antara perspektif proses bisnis internal terhadap kinerja agen JNE  
  3. Terdapat pengaruh nyata antara perspektif proses keuangan terhadap kinerja agen JNE  
  4. Terdapat pengaruh nyata antara perspektif proses kepuasan pelanggan terhadap kinerja agen JNE 
  5. Terdapat pengaruh nyata secara simultan antara perspektif pembelajaran dan pertumbuhan, perspektif proses bisnis internal, perspektif akuntabilitas keuangan, perspektif pelanggan dan kepuasan pelanggan terhadap kinerja JNE age

Metode Penelitian

        Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan balance scorecard pada perusahaan Jasa Pengiriman agen JNE Cikarang Selatan dengan menggunakan masing-masing variabel Pembelajaran dan Pertumbuhan (X1), Bisnis Internal (X2), Keuangan (X3), Pelanggan (X4). Metode pada penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reabilitas, uji asumsi klasik, analisis linear berganda dan uji hipotesa. Populasi pada penelitian ini adalah masyarakat atau Pelanggan yang sudah berlangganan dengan agen JNE sekitar 133 orang, teknik pengambilan sample probability sampling (simple random sampling) dengan menghitung menggunakan rumus slovin






PEMBAHASAN

  1. Pengaruh Perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan terhadap kinerja perusahaan jasa pengiriman (Y) agen JNE Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan dari hasil pengujian pada uji thitung sebesar 2,533 > ttabel 1,985 dan nilai sig 0,013 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh parsial pembelajaran dan pertumbuhan terhadap kinerja perusahaan.
  2. Pengaruh Perspektif Bisnis Internal terhadap kinerja perusahaan jasa pengiriman (Y) agen JNE Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan dari hasil pengujian pada uji thitung sebesar 2,571 > ttabel 1,985 dan nilai sig 0,012 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh parsial Bisnis internal terhadap kinerja perusahaan. 
  3. Pengaruh Perspektif Keuangan terhadap kinerja perusahaan jasa pengiriman (Y) agen JNE Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan dari hasil pengujian pada uji thitung sebesar 3,603 > ttabel 1,985 dan nilai sig 0,001 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh parsial Keuangan terhadap kinerja perusahaan. 
  4. Pengaruh Perspektif Pelanggan terhadap kinerja perusahaan jasa pengiriman (Y) agen JNE Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan dari hasil pengujian pada uji thitung sebesar 4,832 > ttabel 1,985 dan nilai sig 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh parsial Pelanggan terhadap kinerja perusahaan

Kesimpulan

  1. Pembelajaran dan Pertumbuhan berpengaruh signifikan pada kinerja perusahaan jasa pengiriman di JNE agen Sukaresmi Cikarang Selatan makin baik pembelajaran dan pertumbuhan makin tinggi juga kinerja perusahaan jasa pengiriman pada agen JNE sukaresmi cikarang selatan
  2. Bisnis Internal berpengaruh signifikan pada kinerja perusahaan jasa pengiriman di agen JNE sukaresmi cikarangg selatan makin baik bisnis internal makin tinggi pula kinerja perusahaan jasa pengiriman pada agen JNE sukaresmi cikarang selatan.
  3. Keuangan berpengaruh signifikan pada kinerja perusahaan jasa pengiriman di agen JNE sukaresmi cikarangg selatan makin baik keuangan makin tinggi pula kinerja perusahaan jasa pengiriman pada agen JNE sukaresmi cikarang selatan.
  4. Pelanggan berpengaruh signifikan pada kinerja perusahaan jasa pengiriman di agen JNE sukaresmi cikarangg selatan makin banyak pelanggan makin tinggi pula kinerja perusahaan jasa pengiriman pada agen JNE sukaresmi cikarang selatan
  5. Penelitian menghasilkan model persamaan regresi linear ganda Y = 2,269 + 0,152 X1 + 0,184 X2 + 0,248 X3 + 0,380 X4 yang layak untuk menjelaskan penerapan balance scorecard dengan emapt perspektif pembelajaran dan pertumbuhan, bisnis internal, keuangan dan pelanggan pada kinerja perusahaan jasa pengiriman (Adjust R Squere = 0,663) dimana pembelajaran dan pertumbuhan, bisnis internal, keuangan dan pelanggan dalam variabel tersebut mampu menjelaskan pengaruh sebesar 66,3% terhadap kinerja perusahaan jasa pengiriman sedangkan sisanya 33,7% dijelaskan oleh faktor lainnya yang tidka ditelitioleh penelitian ini.

Referensi :
https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://ecampus.pelitabangsa.ac.id/pb/AmbilLampiran%3Fref%3D37030%26jurusan%3D%26jenis%3DItem%26usingId%3Dfalse%26download%3Dfalse%26clazz%3Dais.database.model.file.LampiranLain&ved=2ahUKEwjZncqvhvX6AhVA2XMBHQjsCkcQFnoECAoQAQ&usg=AOvVaw3vGKtszweDbdXoiZFMfymY

 

 


Komentar